Pages

Friday 16 September 2011

Satu novel, satu kartupos, satu buku, semua dari Budapest

Siapa lagi kalau bukan teman pena dari Hungaria itu yang memberikan semua ini kepada saya?

Sepulang latihan, saya sangat lelah, tiba-tiba di meja saya ada sebuah bungkusan putih besar.
"Ah, saya tahu nih siapa yang mengirim bungkusan ini," kata saya dalam hati. Hahaha, siapa lagi coba yang mau berbaik hati mengirimkan saya hadiah dari luar negeri?
Otomatis, rasa lelah itu hilang seketika. :DDD


Lho kok bungkusannya besar dan tebal ya? kata Roland dia hanya mengirim satu novel saja, tapi kok setelah saya raba-raba ada sekitar dua buku sih??

Setelah dibuka, isinya memang ada dua buku.

Pertama, adalah sebuah novel klasik karya penulis terkenal dari Hungaria.
Kenapa Roland dapat mengirimkan saya buku ini?
Sebenarnya sih ini berawal dari sebuah pembicaraan tentang sastra, yang kemudian merambah ke dunia sastra masing-masing negara. Saya memperkenalkan perkembangan sastra Indonesia (karena saya belajar di bidang ini), dan dia memperkenalkan sastra negaranya.

Melalui surat elektronik, Roland memberikan 8 karya sastra kanon yang terbaik menurutnya. Dari 8 rekomendasi ini, dia menyuruh saya untuk memilih satu. Akhirnya, karena saya bingung, ada tiga novel yang bagus, saya pilih tiga judul. Saya biarkan Roland memilihkan salah satu dari ketiga itu, yang mana yang halamannya paling sedikit namun ceritanya juga bagus.

Saya pikir Roland akan mengirimkan novel itu dalam bentuk PDF, ternyata saya salah tangkap, dia mengirimkannya melalui POS!!! oh my God!! baik sekali orang ini!!

Setelah menunggu sekitar 10 hari, akhirnya saya dapat mengetahui pilihan Roland. Yaitu sebuah buku berjudul "Relation", karya Zsigmond Moricz. Penasaran dengan sinopsisnya, bisa lihat di sini.
Di dalam novel ini, ternyata terselip selembar kartupos bergambar si pengarang. Lihat gambar di bawah ini.
Kesannya galak ya? hahaha, kalau kalian mau tau lebih banyak tentang dia, bisa baca di sini.

Buku kedua tentang, yah kalian bisa baca sendiri lah dari judulnya. Pasti sudah ketebak dong isinya tentang apa? heheheh :))

Sekian laporan saya,

dear Roland,
thank you soooooo much, again and again for giving me these books, and a postcard of course :))



warm regards,
Alfi

No comments:

Post a Comment